HISTORY OF MAKES

MAKES merupakan organisasi yang terbentuk melalui meeting Bahasa Inggris yang diadakan oleh YPK Handayani pada tahun 1998. Meeting tersebut menjadi media untuk mempertemukan ide-ide yang ingin memperbaiki kondisi ummat Islam khususnya di Indonesia yang jumlahnya banyak tapi tidak mampu memberi andil besar untuk mengadakan perubahan. Kajian-kajian Islam selalu dihalangi berkembang. Dan, umat Islam seakan mendapatkan angin segar ketika Soeharto dipaksa turun dari jabatannya pada tahun 1998.

Pada bulan Desember 1998 bertepatan dengan bulan Ramadhan, ide-ide dipersatukan membentuk sebuah kelompok diskusi yang mampu memberikan pencerahan demi terbentuknya kejayaan Islam. Kelompok ini diharapkan mampu menarik banyak orang sehingga disepakati Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam diskusi.

Pada awalnya bernama EXCLUSIVE DISCUSSION yang diusung oleh 7 (Tujuh) orang pendirinya, yaitu:

  1. Anwar Razak
  2. Bang Pete
  3. Safruddin Amin
  4. Ahmad Syam
  5. Nur Ana Sejati
  6. Idris Sutrisno Pobela
  7. Buhari Mengge

Dengan jadwal diskusi tiga kali dalam sepekan. Sebagai kelompok meeting maka harus memiliki seorang ketua. Kemudian dipilihlah Anwar Razak sebagai Ketua pada periode awal tersebut.

Atas berbagai pendekatan yang dilakukan ke Yayasan Islamic Center (YIC) Al Markaz Al Islami maka EXCLUSIVE DISCUSSION diizinkan menggunakan Masjid  Al Markaz Al Islami sebagai tempat melaksanakan kegiatan diskusi hingga sekarang.

Pada Juni 1999 kelompok ini berganti nama menjadi MIKES yang merupakan kepanjangan dari AL MARKAZ FOR IKHUDI ENLIGHTENING STUDIES yang bertepatan dengan diadakannya Muktamar dan Orientasi I yang menunjuk Idris Sutrisno Pobela  sebagai Ketua Umum yang Pertama. Namun pergantian nama kembali dilakukan pada bulan Juni 2000 pada Muktamar yang Kedua menjadi MAKES yang merupakan kepanjangan dari AL MARKAZ FOR KHUDI ENLIGHTENING STUDIES disebabkan kesalahan penggunaan kata dal IKHUDI. Sampai sekarang nama MAKES tetap digunakan dan melaksanakan diskusi tiga kali sepekan yaitu Selasa, Kamis dan Sabtu di Masjid Al Markaz Al Islami Jenderal M. Jusuf Makassar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s